Jual Buku Online Jejak Kekhalifahan Turki Utsmani di Nusantara

Buku Sejarah Hubungan Nusantara dan Turki Utsmani

Stok
23
Berat 192  gram
Kuantitas

Komentar Untuk Buku Sejarah Hubungan Nusantara dan Turki Utsmani





Reputasi Produk Buku Sejarah Hubungan Nusantara dan Turki Utsmani

Belum ada reputasi untuk produk ini

Deskripsi

Penulis: Deden A. Herdiansyah
Halaman : 240
Dimensi : 13.9x20 cm
Berat : 192 gr
Tahun : 2018
ISBN : 978-602-7820-78-4
Kategori : Sejarah

Buku yang ada di hadapan Anda ini merupakan buah dari ikhtiar untuk memotret hubungan antara dua bangsa besar di masa lalu, yaitu Turki Utsmani dan Nusantara.

Sebagai penguasa dunia Islam, Turki Utsmani telah memberikan pengaruh yang kuat terhadap wilayah-wilayah Islam yang tersebar di tiga benua (Asia, Afrika, dan Eropa), baik dalam konteks politik, militer, maupun budaya.

Kebesaran dan kewibawaannya menjadi tonggak harapan bagi bangsa-bangsa Muslim yang sedang berhadapan dengan kekuatan negara-negara imperialis Eropa.

Selama berabad-abad, kewibawaan Turki Utsmani tetap terpatri dalam benak bangsa Indonesia meskipun dalam suasana yang pasang surut.

Para penguasa Aceh terus menjalin hubungan dengan Turki Utsmani melalui utusan-utusan yang dikirimkan ke Istanbul.

Di Jawa, Turki Utsmani tampil dalam citra keagungan yang dikagumi oleh para penguasanya sehingga pengaruhnya merasuk dalam karya-karya sastra, politik simbol raja, dan semangat perjuangan pasukan Diponegoro. Bahkan, hingga awal abad ke-20 masih didapati jejak-jejak Turki Utsmani di Indonesia, yakni saat rakyat Indonesia tengah berjuang meraih kemerdekaannya.

Hubungan yang telah terjalin di masa lalu ini harus tetap dijaga dalam ingatan sejarah bangsa. Bagaimanapun juga, Turki Utsmani pernah mewarnai sejarah perjuangan bangsa. Di samping itu, sebagai negara dengan mayoritas penduduk Muslim terbesar di dunia, bangsa Indonesia patut bersyukur karena pernah merasakan naungan kekhalifahan Islam, Turki Utsmani.